Wisata Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ialah gunung yang berlokasi pada pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang yaitu gunung berapi kedua tertinggi pada Indonesia dengan ketinggian tiga.726 m dpl serta letaknya di lintang 8º25′ LS serta 116º28′ BT itu ialah gunung favorit untuk pendaki Indonesia sebab keindahan pemandangannya. Gunung ini yaitu sesi dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memperoleh lebar satu kota 41.330 ha serta itu akan diusulkan penambahannya akhirnya jadi 76.000 ha menuju arah barat juga timur.

Mengakses administratif gunung itu berada dibawah tiga kabupaten merupakan: Pulau Lombok Timur, Pulau Lombok Tengah juga Pulau Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekota 3.500 m x empat.800 m, memanjang kearah timur dengan barat. Dalam kaldera itu terdapat danau Segara Anakan seluas 11.000.000 m persegi juga kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau itu membentuk air terjun yang selalu indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak tersebut dominan terdapat ikan mas dan mujair, pada akhirnya sering digunakan demi memancing. Serta warna airnya yang membiru, danau tersebut bagaikan anak lautan, karena itulah disebut “Segara Anak”. Bagian selatan danau tersebut dimaksud dengan Segara Endut, serta disebelah timurnya terdapat gunung Update yang tapi bahasa setempat dimaksud dan Gunung Update Jari. yang memperoleh kawah seluas 170 x 200 m serta ketinggian dua.296 – 2376 m dpl. Di season 1994 gunung Terupdate Jari ini meletus dan memuntahkan isi perutnya pada tetangga danau Segara Anakan.

Geografi
Gunung Rinjani dengan ketinggian tiga.726 m dpl, mendomonasi sebagian besar lebar pulau Lombok. Letaknya disebelah timur pulau Bali, dapat ditempuh dan bus langsung Jakarta-Mataram serta menyeberang memanfaatkan feri dua kali (selat bali dan selat lombok). Dapat serta ditempuh dan memanfaatkan pesawat terbang dari Jakarta, Surabaya dan Bali.

Pendakian
Rinjani memiliki panaroma yang mampu dibilang pasti fit di diantara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) dominan dikunjungi pencinta alam sejak dari Penduduk lokal, mahasiswa, masyarakat alam. Suhu udara rata-rata satu kota 20°C; terendah 12°C. Angin kencang dalam puncak akrab sudah ada dalam bulan Agustus. Beruntung habis Juli itu, angin masih cukup lemah serta cuaca cukup cerah, sehingga summit attack dapat ditemui kapan saja.

Selain puncak, lokasi yang sering dikunjungi ialah Segara Anakan, sebuah danau kawah pada ketinggian dua.000 mdpl. Demi mencapai lokasi ini kita berhasil mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat dalam ketinggian 500 mdpl dan 1.200 mdpl). Kebanyakan pendaki menggilai start entry dari arah Sembalun, karena mampu menghemat 700m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang namun datar, serta cuaca makin panas dikarenakan lewati padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). Sunblok krem tetap dianjurkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s