SAR Gunung Kidul Imbau Wisatawan Waspadai Ubur-Ubur

Skuad Pencarian dan Penyelamatan Koordinator Kalangan II Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau pengunjung yang bakal mengunjungi lokasi berwisata pantai di tempat itu mewaspadai serangan ubur-ubur.

SAR Koordinator Wilayah (Korwil) II Pantai Baron Marjono pada Gunung Kidul, Rabu (8/7/2015), menyebutkan saat ini sedang season ubur-ubur dan sudah mengambang pada tetangga 200 meter dari bibir pantai.

“Binatang ini posisinya mengambang dalam melawan air laut meski saat ini berada sekitar 200 meter dari bibir pantai,” tutur Marjono.

Untuk Marjono, saat memasuki bulan Juli hingga Agustus merupakan season ubur-ubur. Sengatan ubur-ubur menyebabkan rasa sakit dengan yang tak tahan, kulit akan telah tersaji luka seakan terbakar akhirnya tidak sedikit yang diharuskan dilarikan ke puskesmas, klinik terdekat, atau ke rumah sakit.

Demi mengatasi banyaknya korban, jelas Marjono, satu-satunya hanyalah dan mencegah para pengunjung mandi atau bermain di dekat kawasan pantai. “Korban sengatan ubur-ubur saat Lebaran tahun lalu jumlahnya mencapai 200-an orang,” tuturnya.

Marjono memaparkan jika untuk menundukkan sengatan biasanya menikmati alkohol dan ramuan tradisional. “Untuk 22 titik pantai memerlukan alkohol sekota 22 liter selama musim libur ini,” jawabnya.

Menelusuri terpisah, Bupati Gunung Kidul Badingah mengaku telah mendengar adanya ancaman ubur-ubur buat wisatawan yang mengunjungi pantai dalam masa libur Lebaran 2015. “Kami telah meminta pada semua Puskesmas kawasan pantai untuk membantu pengobatan kepada korban ubur-ubur, termasuk menyajikan alkohol juga ambulans,” ungkap Badingah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s